Mengapa Harus Mengkonsumsi Daging Qurban?



Berbicara daging, ahli nutrisi membedakan daging ke dalam kelompok daging putih dan daging merah. Daging putih termasuk didalamnya ayam dan kalkun, sedangkan daging merah merupakan penyebutan khusus untuk daging sapi, kambing dan sejenisnya.
Pemisahan ini berdasarkan karena beberapa sebab. Pertama, warna daging yang tampak dari hewan-hewan tersebut. Kedua, untuk memudahkan penggolongan kandungan nutrisi. Daging putih merupakan sumber utama protein yang mengandung rendah lemak. Sementara daging merah mengandung lebih banyak lemak tetapi kaya akan nutrisi penting lainnya.
Dari 3 jenis hewan yang dibolehkan untuk dijadikan qurban, semua daging dari hewan ini digolongkan ke dalam daging merah, baik itu unta, lembu maupun kambing. Daging qurban yang telah diterima sunat untuk dikonsumsi dan haram untuk dijual oleh si penerima. Inilah mengapa penting nya mengkonsumsi daging sehingga syara’ memastikan bahwa daging kurban yang telah dibagikan sunat dikonsumsi oleh si penerima baik untuk diri sendiri, keluarganya maupun untuk tamu yang datang ke rumahnya.
Untuk menambah wawasan kita tentang daging kurban dalam konteks nutrisi, berikut ini nutrisi penting bagi tubuh yang terdapat dalam daging merah.
Setiap 3 ons daging merah, mengandung zat besi yang penting bagi tubuh, terutama bagi wanita muda dan remaja yang umumnya kekurangan nutrisi ini. Daging merah juga mengandung vitamin B12 yang dapat membantu menyehatkan saraf dan sel darah merah. Dan yang tak kalah penting bagi tubuh adalah kandungan zink yang dapat membuat sistem imun bekerja dengan baik.
Dalam 3 ons daging merah mengandung setidaknya 180 kalori dan 10 nutrisi penting lainnya. Asupan sebesar ini sudah dianggap cukup dalam memenuhi asupan daging harian. Penting untuk diingat supaya tidak berlebihan dalam mengkonsumsi daging karena selain kalori yang tinggi, daging merah juga mengandung banyak lemak jenuh yang berbahaya bagi penderita penyakit jantung.
Selain itu, cara penyajian daging kurban juga harus diperhatikan. Penyajian yang dibumbui dan dilengkapi oleh sumber lemak yang banyak hanya akan membuat sajian makanan dari sumber daging merah ini menjadi kaya akan lemak yang malah berbahaya.
Jadi, bijaklah dalam mengkonsumsi daging merah. Tidak perlu terlalu memuaskan diri dalam menikmatinya. Makan secukupnya. Sedekah lah dan undang kerabat tetangga dan sanak famili untuk mencicipi kelebihannya.
Wallahu muwaffiq wallahu musta'an wallahu a’lam bish shawab.
Mengapa Harus Mengkonsumsi Daging Qurban?

Tidak ada komentar